Blogger Template by Blogcrowds

Harus lebih ikhlas dan bersabar lagi....



Bulan Ramadhan tahun ini dimulai dengan ziarah ke tempat Khaled sayang (30 Agustus 2008), selama hidupku baru kali ini menjelang puasa melakukan hal ini...kunjungan kali ini aku udah berniat ngga menangis lagi di makam...sepanjang perjalanan bisa aku lewati tanpa menangis...ketika udah sampe di tempat dede dan mulai baca Al Fatihah, Surat Yasin bresssss air mata dah menetes begitu aja....Ya Allah..maafkan aku...aku belum bisa kuat untuk tidak menangis di makam Khaledku...
Entah kenapa..sampe sekarang pun ketika mendengar ada baby yang meninggal dan melihat orang dimakamin hati ini ikut merasakan sedih..aku merasakan apa yang mereka rasakan, saat ada orang dimakamkan ingatanku selalu kembali ke masa lalu..saat aku tidak bisa menemani saat2 terakhirnya, tak bisa melihat dimandikannya, dikafani dan dimakamkan...kenangan bersamanya terlalu indah untuk diingat...
Puasa ramadhan bersama hubby qt lewati bersama2...alhamdulillah sama seperti tahun kemarin tahun ini aku dan hubby full puasa..
Seminggu lebih sebelum lebaran aku dan teman2 millist yang sama2 kehilangan anak qt maen ke panti asuhan di daerah cipayung, sampe disana...hmmm rasanya campur2, sedih pasti melihat keadaan mereka, lagi2 air mata ga bisa ditahan (wadhuh jadi sensi banget)...kasihan banget melihat mereka, di satu sisi banyak orang yang menginginkannya tetapi susah mendapatkannya dan di sisi lain ada orang yang dengan mudah mendapatkannya tapi tidak menginginkan kehadirannya dengan berbagai alasan...semoga kalian semua mendapatkan orang tua baru yang menyayangi kalian...disana latihan menggendong bayi yg masih kecil dan satunya lagi seumuran ama Khaled...menggendong adalah hal yang belum pernah aku lakukan untuk anakku (tubuh lemah pasca caesar ) dan dari rumahpun aku dah pengen menggendongnya..InsyaAllah ya de suatu saat kalo qt bertemu bunda kan menggendongmu nak..
Tanggal 29 September 2008 udah sampe Banjarnegara, di lebaran ini diuji kembali dengan pertanyaan seputar hamil dan anak..banyak orang yang tidak mengetahui kehamilanku karena selama hamil aku ngga pernah pulang...ketika ditanya lagi2 harus sabar...ketika aku dan hubby mencoba menata hidup kembali, setiap kali ditanya udah hamil blom? udah punya anak blom? kho blom isi2? qt jawab apa adanya, saat2 bersama Khaled adalah saat2 terindah dalam hidup kami sehingga kalo ditanya kenangan bersamanya akan hadir kembali...ngga ditanyapun tiap hari rasanya kangen trus...karena semuanya ngga akan mungkin terlupakan...
respon orang terhadap jawaban qt pun beda2, saat qt menjawab qt udah punya anak satu dan meninggal dalam kandungan banyakan orang menjawab " blom rezekinya (untuk pertanyaan ini aku jawab ya ngga...buat kami Khaled adalah anugerah/rizki yang terbesar dan terindah buat kami), "blom disuruh momong (banyak juga ni orang yang bilangnya begini...aku dan hubby juga ngga suka dengernya...dari hamil janin masih ukuran mm ampe hamil udah besar Allah memberikan qt amanah untuk menjaganya, dan yang lebih parah lagi ada yang bilang aku bohong (please dech...akhirnya aku tunjukin aja foto anak aku...ini anak aku..kalo masih bilang qt bohong lagi banyak banget bukti kalo aku hamil, kalo ngga sekalian bawa DSOG aku...), kadang nyesek juga denger orang ngomong ngga pake dipikir..mending diem...qt yang sdg down dan sdg berusaha untuk ikhlas dan sabar yang sebener2nya jadinya bikin qt sensi....
Blom sampe disitu saja....pas ampe di Solo lagi2...qt dibecandain(tepatnya diledekin) qt kalah cepet dgn om yang istrinya dah hamil (nikah langsung hamil) dan qt diminta resepnya...seperti biasanya qt tanggapi aja dengan senyuman (padahal dalam hati BT juga), ketika qt tanya resepnya apa ama istrinya...istrinya menjawab...bla..bla..bla... qt mengangguk2 aja...setelah selesai dan tinggal qt berdua....wakakakakakakakaka...kalo resep itu mah qt udah hafal di luar kepala...lebih dari itu juga qt tau...justru harusnya yg mereka belajar dari qt...qt dah 3 tahun, mereka baru hitungan bulan....resep qt banyak dan semuanya dah qt jalani...dari madu+jinten hitam, pentil kurma/kurma muda, rebusan sambiloto+temu hitam, terapi madu, pijat rahim, pijat refleksi, bekam, akupunktur, omega 3, rebusan air kacang hijau, jagung arab, serophene, profertil, glucophage dsb ampe jamu paling pahitpun qt telan...masalahnya bukan pada sisi teknisnya...kalo urusan anak sepenuhnya kehendak Allah...ampe jungkir balik pun kalo Allah berkehendak mo gemana lagi...yang penting qt sudah berusaha dan berdoa..jadi ngga jadi sepenuhnya kuasa Allah...ini ni yang perlu diluruskan...banyak orang beranggapan yang bikin anak tu manusia, jadi kalo ada yang udah nikah lama blom hamil2 pertanyaannya seakan2 qt ngga jago bikin anak...blom menjudge qt yang macam2...kalopun qt (baik istri maupun suami) ada masalah ngga semua orang qt kasih tau, kalopun dikasih tau juga ngga semuanya mo ngerti...makanya banyak dari qt share ama temen2 yang mengerti soal beginian...begitu juga dgn kami...saat blom hamil dulu, hanya hubby dan keluarga aku yang tau...karena masalahnya ada padaku..sel telurnya kecil2...kho bisa..ya bisa lah...tiap orang punya masalah yang beda2..untuk sel telur tidak semua wanita ukurannya besar, kalo kecil2 begini harus diobati bagaimana supaya besar...kami baru cerita ke keluarga hubby permasalahannya setelah aku hamil..Alhamdulillah aku mempunyai ortu dan mertua yang tidak bawel nanya2 tentang anak..justru yang rame nanya, saudara2 ama tetangga...cape dech..
Yach kalo mereka tau bagaimana qt dan orang2 yang berusaha untuk hamil dgn perbagai masalah...qt aja terkadang merasa jenuh ketika apa yang qt lakukan belom mendapatkan hasil, apalagi ditambah pertanyaan2 yang tentunya terkadang membuat qt stress...kalo ingin tau apapun akan qt lakukan demi mendapatkan anak...untuk bisa hamil orang rela mengeluarkan harta berapapun untuk ke dokter r pengobatan alternatif (puluhan bahkan ampe ratusan juta), semuanya udah ngga ada perhitungan lagi asalkan bisa hamil...
Entah sampe kapan pertanyaan dan jawaban itu akan berakhir, sekarang kami sedang belajar untuk lebih ikhlas dan sabar...sampe sekarangpun ketika aku melihat orang hamil besar, melihat baju2 hamil, melihat pakaian dan perlengkapan baby, mendengar orang lain bercerita ttg kehamilannya, mendengar orang lain bercerita tentang anak2nya, melihat baby yang baru lahir ato seumuran dengan Khaled....semuanya akan mengingatkan kembali kenangan aku bersama Khaled..kenangan itu terasa indah untuk diingat, blom ditambah rasa kangen dan sayang aku yang besar untuk anakku yang entah bagaimana caranya aku curahkan...semuanya butuh waktu agar aku sudah siap sepenuhnya dan tidak merasa sedih ato ada yang mengganjal dalah hatiku saat aku melihat atau mendengar tentang itu..kalo aku menghindar bukan berarti aku ngga mau mendengarkan/melihat..aku ingin belajar ikhlas dan sabar sepenuhnya dalam menghadapi ini semua, ikhlas dan sabar bukan saja terucap dari bibir..

Ya Allah..berilah hamba dan suami hamba keikhlasan hati, kekuatan hati, kesabaran dan kelapangan dada dalam menghadapi ujian-Mu..kami lemah tanpa kekuatan dari-Mu ya Allah..
Jadikanlah hamba dan suami hamba orang-orang yang selalu bersyukur dan bersabar dalam tiap nikmat dan ujian yang Engkau berikan..Amiin.


0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda